Konsultasi pasang iklan
Mau pasang Iklan
Kami menyediakan baby sitter
Tranpil , siap kerja untuk Bayi , Balita dan perawat
Hub. Yayasan Citra Sari Mandiri
Ibu Sari : 021.9826.3275 - 7115.9567
Daerah Meruya - Bisa antar
SEMPURNAKAN DIRI ANDA DENGAN . . . .
Parfum , segar harum tahan lama, original
30 mili Rp. 35.000 / 40.000
50 mili Rp. 50.000
100 mili Rp. 75.000
hub 24 jam : telp 0817.9108.005
Jual Parfum Biang, bisa untuk usaha juga
..<< = Info Kesehatan = >>..

Friday, 14 December 2007

Pengalaman Memiliki dan Mencari Baby Sitter

Tulisan ini dibuat bukan untuk memojokkan atau mejelekan yayasan baby sitter tertentu, tetapi tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman yang dirasakan oleh saya saja.
Dengan harapan bisa menjadi panduan yang cukup untuk suatu pertimbangan.Alamat baby sitter saya temukan dari beberapa sumber web site / internet dan beberapa alamat tersebut saya telphone atau datang langsung. Sebagai catatan bawa alamat / data baby sitter didapat dari internet, ini terkesan keren dan fantastis, padahal setelah kita datangi hampir semua yayasan tersebut adalah cuma usaha rumahan yang tidak terlalu besar sekali.



Anak saya sekarang ini dua orang yang satu 11 bulan yang ke dua 2 tahun 3 bulan. Terus terang karena beberapa faktor, jumlah total baby sitter yang telah saya pakai untuk mengasuh anak saya dari awal baby pertama sampai sekarang sudah sebanyak 9 kali dari Mitra Bunda - Kebon juruk kota dan LPK Mutiara Bunda - kedoya. saya suami dan istri pergi bekerja pagi dan pulang malam sementara anak dirumah hanya bersama dua baby sitter, tapi kalau sekarang 1 pembantu dan 1 baby sitter karena itulah saya harus mencari baby sister / pembantu yang bisa dipercaya dan bisa bekerja dengan baik.



Sebenarnya yayasan baby sitter yang baik adalah :

  1. Memiliki banyak stok baby sitter, minimal selalu ada 2 / 3 orang, baik pemula atau pengalaman. biasanya pertama kali promosinya dan janjinya manis manis.
  2. Mudah dalam hal tukar baby siter selama masa garansi 3 - 6 bulan. biasanya sih pertama kali mengambil baby sitter staff adm nya senyum nya manis-manis, tetapi saat kita minta tukar seperti main sandiwara bilang nya ga ada dan sebagainya.
  3. Memberikan training yang cukup kepada baby sitter ( seharusnya 1-3 bulan ) , tetapi ada juga yang baru datang dari kampung langsung ditawin ke kita.
  4. Yayasan seharusnya tidak memaksakan untuk membeli seragam baju dan sepatu, misalnya 3 bulan sekali harus beli seragam baju, 6 bulan sekali beli sepatu, berarti kalo kerja tiga tahun kita sudah membeli 13 baju dan 6 sepatu, saya rasa terlalu banyak, memang seragam sih perlu kan kita sebagai majikan juga suka ngasih baju dan lain-nya.
Saya hanya tanya pertelphone :
  1. LPK Citra Bunda, Kelapa Gading, Jakarta Utara, cp. Indri /Yanti / Nia, Telp : 45842218 - 9, 45846039 - mahal
  2. LPK Setia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Telp : 4502256
  3. Sr. Sari Dewi, Kelapa Gading, Jakarta Utara, cp. Sr. Sari Dewi,Telp : 4527919
  4. LPK Tiara Kasih Bunda, Ruko Kemang Pratama Blok AN No. 30 Bekasi Barat, Telp. (021) 93726750, e-mail : evie_tkb@yahoo.co.id

Saya sudah datang :

  1. Tiara cipta Jl. Kemang Selatan XII E No.4, Jakarta Selatan,IndonesiaTelp: +6221 75902862 - 9183357Fax : +6221 9183357 web site : tiaraciptananny.net
    wah yasasan ini web sitenya aja yang bagus, baby sitternya diharuskan naik gaji sebanyak tiga kali, kita tidak bisa memilih baby sitter secara bebas, mereka hanya dikelurkan satu persatu dan satu persatu pun itu yang sepertinya kurang bagus, jadi payah deh. Dan yang saya bingung bagian administrasinya tanya saya apa dirumah tidak ada orang lain selain baby sister, wah saya bingung dia nanya gitu, maksudnya mau ngapain tuh. sebelum kita intervieu baby sitter malah kita diintervieu duluan, Tanyanya ga wajar tuh !. Pilih baby sitter nya ga bebas, boleh liat sekaligus semua. Lokasi sulit dijangkau - menuruh saya ga bagus.
  2. Yayasan Sekar Insani Jl.Batu jajar No.27 A Jakarta Pusat Seberang gajah mada plaza. telp.:351.7484 Fax 345.7088 waktu itu sempat mau ambil, tapi tidak jadi, - sepertinya disini bagus - boleh juga di coba - tempat office nya juga bagus dan profesional.
  3. Cinta Keluarga - Ibu Aurora jl.setiabudi barat no.12 Jakarta 12910 Phone 711.36677 - 0817788115 email fara@cintakeluarga.com
  4. Dll.

Saya sudah pernah ambil :

  1. BABY SITTER/PEMBANTU *LPK SUGESTI BABY SISTER* 70621352,70628533. Menyediakan Baby Sister lebaran tdk plg, utk bayi, org sakit,jompo, SNR, INR. Identitas jls, asli, adm mrh, gaji 300 s/d 500rb, bs diantr grts. Hub "AYU" (J051000373) - kurang bagus - dan stop baby sitter cuma dikit, malah cuma itu itu aja.
  2. LPK Mitra Bunda. Jl.Kebon Jeruk III No.1D - Hayam wuruk jakarta 11160 - seberang gajah mada plaza. telp. 021.6254425, 6254426 trainingnya 3 bulan, banyak tersedia baby sister tapi sepertinya pemiliknya sering membuat schadule schadule aneh misalnya stok baby sitter banyak tapi bilangnya belum ada yang lulus. Setiap beberapa bulan harus beli baju dan sepatu dengan yayasan tersebut. Kelebihan yayasan ini masih lebih baik dari pada yayasan lain. Disini pengalaman mengurus bayi nya cukup bagus dan pekerjaannya cukup terjamin.
  3. LPK Mutiara Bunda Jl.Kedoya raya selatan No.45 A telp. 70627070, 5825005, 9107304 - jakarta barat- Dulu yayasan ini cukup lumayan dan bagus, tapi karena suatu hal ada perombakan staff-nya dan sekarang pegawainya agak ketus terutama kalau kita mau ganti atau tukar baby sister- seperti dibuat buat dan selalu bilang tidak ada, bahkan sewaktu kita mau cari baby sister baru pun selalu bilang tidak ada - (- atau mungkin saya sendiri yang selalu selective.
  4. Dan lain-lain.

Kebanyakan seperti usaha rumahan, antara lain :

  1. Yayasan ibu ros Jl.Karang ayar B1 A/9 Jakarta 10740 - pasar baru - 6269119 - Biasa biasa saja.
  2. Daerah Karang ayar ada 3 - yayasan saling berdekatan. - biasa biasa saja. Kasih AbadiContact PersonAlamat Jl.Lautze No.74, Belakang Metro, Jakarta PusatTelepon 386 4093, 384 5622 - harga lumayan, stok baby sister banyak.
  3. Raden Saleh Contact Person Alamat Dan Mogot KM 11 No.B2, Jakarta Barat.Telepon 545 3325 - saya kurang suka.

Mencari baby sitter bagus memang ada konsequensinya yaitu :

  1. Banyak waktu yang terbuang cari -cari sana sini ke banyak yayasan.
  2. Sering ganti ganti baby sitter kadang garansi 3 bulan atau 3 kali tukar sampai habis.
  3. Uang banyak yang kita keluarkan untuk biaya administrasi.
  4. Mau ga mau terima apa adanya sifat, watak dan kelakuan baby sitter, asal jangan kelewat dari kewajaran dan berbahaya bagi anak kita.

Perbedaan Baby sitter dan pembantu - pembantu rumah tangga (prt) :

  1. Pembantu atau Prt cukup murah.
  2. Prt belum terdidik, baby sitter dididik minimal 2 minggu, memang ada juga yang dari kampung langsung kerja, tapi minimal kalau baby sitter dia sudah ada niat khusus didalam hatinya dan keseriusan didalam hatinya.
  3. Baby siter lebih memiliki sifat penyayang, untuk mengurus bayi baby sitter memiliki kesanggupan untuk bangun jam 2 pagi dan jam 4 pagi.
  4. Perilaku Prt sering kali tidak bagus, baby sitter lumayan deh. Misalnya sampo dan sabun mandi saya sering dipakai oleh pembantu yang jail.
  5. Prt tidak terjamin, baby sitter lebih terjamin karena sering kali ada jaminan ijasah sekolah yang ditahan di yayasan baby sitter.
  6. Bukan berarti Prt itu tidak bagus sih, banyak juga yang bagus, malah saya sendiri sudah mulai coba beralih apalagi kalau anak saya sudah besar nanti.

Kelebihan dan kekurangan mengambil Prt. dari kenalan :
Kelebihannya biaya administrasi cuma sekedar tip saja, bisa dikatakan orangnya lebih dipercaya Kekurangannya tidak ada garansi tukar.

Kekurangan baby sitter dan prt. :
Pada saat menjelang lebaran mereka harus pulang kampung, dan yang lebih parang lagi kalau setelah lebaran tidak akan balik lagi, kita harus mencari lagi dari awal. Juga yang tak kalah parahnya lagi saat lebaran tidak ada baby sister dan prt yang siap kerja, adanya yang Infal saja.

Satu hal yang juga penting sekarang ini baby sister atau prt ada yang sudah memiliki handphone sering kali apabila majikan tidak ada dirumah, dia akan sibuk kontek kontek atau sms-an ke teman dan keluarga atau mungkin pacarnya, ini cukup mengganggu juga apa lagi bila orangnya nakal.

Kekurangan dan kelebihan mengambil pembantu dari satu kampung :
Kalau kita mengambil PRT dari satu kampung biasanya kalau satu minta pulang maka semuanya minta pulang juga, kalau satu tidak betah maka semuanya tidak betah juga, saya pernah punya pembantu 3 orang, karena di kampungnya ada hajatan katanya, maka semuanya bertiga minta pulang kampung juga. Kelebihannya pertama hemat biasa, karena kita hanya mengambil dari satu tempat atau satu kampung, kelebihan kedua lebih bisa dipercaya karena semua saling kenal.
Yayasan pembantu rumah tangga di Jakarta
Yayasan pembantu rumah tangga di Jakarta terbanyak (yang saya tahu) itu ada di daerah cempaka putih, Kemayoran. Di cempaka putih tersebut terdapat lebih dari 15 - 20 yayasan pembantu rumah tangga. Saya pernah mengambil dari 4 yayasan dari sana. Hampir disetiap sisi kiri dan kanan jalan cempaka putih / kemayoran tersebut pasti ada Yayasan pembantu rumah tangga.


Jakarta
Delvin-elisa
Poris - Tangerang
Delvin9@gmail.com
Informasi Lowongan Kerja click disini
Untuk lowongan Bagian Accounting dan Untuk Lowongan fianance
More topic about computer in this blog.

Hal hal yang sering ditanyakan oleh banyak orang dari gogle search :

  • alamat dan harga baby siter (berkisar Rp. 600.000,- Pemula s/d 850.000,- keatas-pengalaman)
  • daftar yayasan baby sitter
    daftar yayasan prt dan baby sitter
  • lpk baby sister di tangerang
    lpk citra bunda
    lpk mitra bunda 3x ( Jl.Kebon jeruk III no. 1 D 625.4425 - lumayan bagus - tapi kalau tukarnya susah, lebih aneh lagi bila kita liat ditempatnya banyak orang sedang trainin, tapi kalo ditanya lulusnya kapan bilangnya tidak tahu, tidak pasti (..payah banget) mungkin anda dapat menegor pemiliknya mengenai hal ini) . Click Peta Lokasi.
    lpk mutiara bunda (7062.7070 / 582.50005 / 9107.304)
    lpk yayasan baby sister
  • baby sitter bagus
    baby sitter mutiara bunda
    babysitter infal
    Babysitter jakarta
  • yayasan baby sister citra mutiara
    yayasan baby sister tangerang
    yayasan baby sitter "citra bunda"
    yayasan baby sitter 4x
    yayasan baby sitter dan pembantu
    yayasan baby sitter di jakarta barat
    yayasan baby sitter di kedoya ( Mutiara bunda )
    yayasan baby sitter kasus jakarta
    yayasan baby sitter kelapa gading
    yayasan baby sitter lautze ( ada tiga didaerah lautze - 386 4093, 384 5622 )
    yayasan baby sitter lpk ibunda
    yayasan baby sitter minggu
    yayasan baby sitter yang bagus di jakarta
    yayasan babysitter 2x
    yayasan babysitter bagus
  • yayasan lpk baby sister
    yayasan mutiara bunda
  • yayasan pembantu jakarta barat ( banyak sekali didaerah (peta) cempaka putih ziung )
    yayasan pembantu rumah tangga di jakarta ( baca diatas )
    yayasan pembantu rumah tangga jakarta
    yayasan pembantu rumah tangga kelapa gading
  • yayasan prt profesional
    yayasan sekar insani (peta Lokasi )
    yayasan suster dan pembantu di jakarta ( cempaka putih jiung / kemayoran)
    yayasan tiara cipta kemang
  • baby sitter service, home child care, child care
    nanny services, nanny agencies, nanny search
    housekeeper jobs, maid service
  • alamat pembantu rumah tangga
  • alamat baby sitter terbaik di jakarta

Bacaan lain : My Baby And My Family, Baby all infomation about, Qualifikasi baby sitter, alamat pembantu rumah tangga, Peta Alamat Baby Sitter

Photo anak saat shopping
Photo anak waktu makan

:)

4 comments:

shanin's mom said...

haduh, lengkap banget nih mom...
thanks infonya;)

btw, saya skrg pake BS dr yayasan raden saleh, untungnya saya dpt yg pengalaman belasan tahun jadi so far sih enak2 saja:).

tapi...saya sempat jg kecewa sm yayasan Al Azhar, kata temen2 milis sih bagus tp ternyata BS-nya galak bgt,judes, pokoknya nggak sopan deh. pas kitaa pulangin yayasan itu jg santai2 aja, nggak nanya alasannya apa...
pokoknya saya kecewa berat sm Al Azhar

dina said...

Saya kecewa dg yayasan T. Admin dan gaji BS sangat tinggi, tp ternyata tdk menjamin kualitas. Hati2 dengan suster bernama NL asal Sukabumi. Dia dan yayasan mengaku pengalaman 12 th, tp dari kerjanya spt bukan suster. Gajinya 1,3jt, sy mengambilpun krn tdk ada pilihan saat itu (mau lebaran), jd terpaksa sy mengambil dan menggaji 1,3jt (itupun kita blm sepakat, dia udah nyeletuk ke yayasan 1,3jt, saat dengar sy dan suami hanya berpandang2an aja, habis mau cari suster kemana lagi?)
Dia tdk bisa menyalakan AC (padahal remote AC dimana2 simple, hanya on off dan up down). Sy sdh bilang, kalo tdk tahu tanya, saya pasti ngajarin dg senang hati. Tp dia ga pernah mau tanya, termasuk soal AC ini. Saya sudah pesan berulangkali krn kamar anak sy lembab dan tdk ada ventilasi, pagi saya pesan 26 derajat. Beberapa hari sebelumnya saya sudah curiga kalau dia tdk pernah menyalakan, tp dia selalu bilang "kalo tidur selalu dinayalain, kalo bangun selalu dimatiin". Mmmmm. Suatu pagi saya bilang "kok AC ga dinyalain?". Dia bilang "aduh, masih pagi ini". "Kan saya udah bilang, kamar anak saya lembab, dia kepanasan, bayi punya lemak coklat jadi dia 5 derajat kepanasan di atas org dewasa" (saya menjelaskan masih dg sabar). Akhirnya dia nyalain AC, itupun dia ngliatin remote lamaaa banget, brarti selama ini gimana? Akhirnya setelah mengutak utik itu remote, dia berhasil menyalakan dg suhu OTOMATIS 24 derajat. Saya panggil lagi, "naikin 26, saya udah pesen kan?". Dia balik lagi ke kamar dan ngutak ngatik lamaaa banget itu remote. Akhirnya saya samperin "bisa ga kamu?". Dia diem aja. Akhirnya saya bilang, "kamu kalo ga ngerti tanya saya, jangan gengsi. Saya pasti mau ngajarin kamu kok". Waktu di dapur saya samperin lagi "Jangan lupa ya, suhu 26" "Tapi kalo 26 kan kedinginan, jadi saya kasih 24". HAH????? Maksud loh???? Payah banget ga sih??? Masih aja ngelessss.com. 24 itu krn suhu otomatis pada saat dinyalakan lho. Pinteeeeer banger cari alesan.
Banyaklah saya temukan hal2 aneh. Anak saya biasa tidur jam 20. Suatu malam jam 20.30 anak sudah tidur, saya pergi keluar sama suami. Saya udah pesen, kalo bangun ditidurin lagi. Saya pulang ke rumah jam 22. Eeee...yg ada anak saya di depan TV terang benderang dan diajak2 maen. Kata dia ga ngantuk. Anak saya mah, ngantuk kalo diajak maen mau aja, ampe pagi juga dia jabanin kalo emang ga ditidurin, namanya juga bayi. langsung anak saya saya bawa masuk ke kamar dan saya susuin. Langsung ga ada semenit anak saya merem. Brarti ini anak sebenernya udah ngantuk kan???? Dia tidak bisa membaca ini anak ngantuk ato enggak, beda dg suster saya sebelumnya, dia paham banget sinyal2 bayi, spt ngantuk, lapar, marah, BT, etc. Dia juga tidak bisa menidurkan anak. Berulang kali dicoba tdk bisa, padahal begitu saya ambil alih, saya hanya perlu 15 menit utk menidurkan anak saya. Yg pasti bedanya kita memperkajakan pembantu & suster dalam menjaga anak, salah satu point paling penting adalah kedisiplinan.
Udah gitu, ga sopan banget. Sering nyeletuk2. Sama saya aja berani ngomong "tuh kan, tuh kan" "nah lo, nah lo". Gila ga? Ada anak tetangga saya maen, nanya ke saya "tante, kalo aku maen kesini, tante baek ya?" "Iya". Tau ga dia nyeletuk apa "Kalo ga maen ke sini?" HAH? Artinya? Ada lagi, "katanya mau makan nasi dulu" "hayo... ketahuaaaan, bekal mama ketinggalan yah", "hayo....mamah brangkat sama siapa" (padahal sy berangkat sama ojek langganan saya, dia baru 2 hari disitu) besokannya dia ditegor suami saya.
Dot anak saya (Dr browns bok) bisa nyasar ke rak susun di kamar dia, dalam kondisi kotor banget, bertaburan bedak dan debu. Kok bisa disitu yah?

dina said...

Sikat kecil utk accessories botol anak saya yg biasanya ditaruh kotak khusus cairan pembersih bayi, bisa2nya dibuang di kotak kotor tidak terpakai (bekas cucian piring orang dewasa). Terang aja, sendok botol makan anak saya jamuran krn sikat kecilnya tdk ada
Milna dan havermout tidak ditutup, hanya dimasukin ke kardusnya.
Rak botol yang sudah disterilkan tdk pernah ditutup.
Stok ASI basi dikasih ke anak saya, padahal udah saya pesen diicip dulu di tangan. Malah katanya, cuman dicium. Alamak!
Yang parah, anak saya dipegang dia 2 minggu langsung sakit, mencret, muntah dan panas. sebelumnya tidak pernah sakit. Yah mungkin krn kejorokan dia juga. Saya tanya "kira2 kenapa ya?" (saya nanya masih baik2), tau ga apa jawabannya "yah biasa, namanya juga kehidupan" Gile ga? Saya masih sabar juga disitu. Saya suruh ambil termometer (digital lho). Ternyata ga bisa pake, kalo air raksa saya masih ngerti kalo dia ga ngerti, tp ini kan tinggal pencet dan angkanya jelas. Dia langsung tempel di ketiak anak saya, tanpa dinyalakan dulu. Akhirnya saya ajarin, "nyalain dulu ininya" Suhunya 38. Dia bilang "ga papa kan?". Saya tanya "emang brp suhu normal manusia?". Dia diem aja, gelagepan. Saya udah wanti2, nanti pantau terus suhunya. Di kantor saya telpon dia, jawabnya "Engga papa kok, udah ketawa2, udah sehat”. Saya tanya, “tp suhunya brp?” Waduh, informasinya simpang siur. Ga bisa jawab gitu “Aduh, brapa yah? 40 ya kalo ga salah." Saya bilang, "hah 40? Kamu bilang ga papa?" "eh brapa sih tadi, 34 apa ya?" "Hah, 34???". Aduh aduh, ampun deh. Dia bilang, engga pernah make termometer krn slm ngasuh engga pernah ada yg sakit. Saya bilang, "kamu pengalaman 12 tahun, katanya pernah juga ngurus bayi dari lahir sampai 1,5, engga pernah sakit sama sekali? Hebat yah kamu, anak saya baru kamu urus 2 minggu langsung sakit".Dia ngakunya lulusan SMEA, masa ga bisa baca angka dan decimal?
Satu lagi, dia bawa bola kuningan yg sudah tua (bisa dibuka tutup) di dalamnya ada bahan2 apalah saya tidak tahu, ada yg brupa serbuk hitam segala, ada kertas kucel dengan tulisan arab tangan). Entahlah apa itu, tp barang aneh aja saya lihat.
Dia mengadu domba saya dengan mertua. Anehnya, mertua saya sangat menyayangi dia dan ngebelain dia terus. Suami sayapun sampai heran.
Anak saya juga nangis mulu tiap saya pulang kantor, minta digendong saya. Padahal dulunya engga kaya gitu.
Satu lagi, dia ngaku pengalaman 12 th & kerja ikut “Mr J” 8 th. Tp waktu terakhir saya mau balikin ke yayasan, dia sempat telpon “Mr J” di depan saya dan suami. Beberapa menit sebelumnya suami saya sudah menelpon “Mr J” terlebih dahulu bahwa kami akan mengembalikan suster NL dan minta biaya admin kembali 20%. Kami juga sudah menyebutkan nama suster yang akan dikembalikan. Tp saat NL menelpon “Mr J” di depan kita, dia bicara begini “Ini, NL, NL”, “Yg dari Sukabumi”, “Yg tadi telpon mau dikembaliin”. Aneh ga ibu2? Masa ngikut yayasan 8 th tp dari nadanya sampai pembicaraan di telepon pun selesai, sepertinya “Mr J” tidak mengerti, ini NL yg mana, suster yg mana.
Baru kerja seminggu, dia minta ijin mau ke yayasan sebentar (bukan cuti), jam 11-2 janjinya, tp ternyata pulang ke rumah saya jam 6. Itupun saya telpon2 ke yayasan sampai 4x, minta supaya dia segera pulang ke rumah, krn hari sabtu pekerjaan rumah numpuk. Saya telpon ke yayasan yg angkat “Ms Y”, “NL nya ada? Saya mau bicara”. Saya denagar, “Ms Y” malah nanya ke orang2 di sekitar dia, “NL siapa NL?” Masa ga tau NL yg mana? Katanya udah ikut 8 th. Saya juga dengar, NL jawab “saya” (suaranya sepertinya dekat dengan telepon). Nah, brarti kan si NL ada di dekat “Ms Y”, masa pake nanya “NL siapa”?
Saya menceritakan ini supaya ibu2 hati, jangan sampai ibu2 ada yang memakai suster ini, it was a disaster, really it was!!!

Anonymous said...

Saya punya pengalaman dgn Yayasan Karisma Melati (Cp Vira), beralamat di Jl Raya Jatiasih Gg Ibrahim no 18, Jatiasih-Bekasi.
Yayasan ini bekerjasama dgn susternya agar bekerja hanya 3 bulan. Karena selama 3 bulan az suster menyetor 40% kpd yayasan. Yayasan membuat skenario seolah2 yayasan juga dibohongin oleh susternya.
Setelah susternya disuruh lari, yayasan tidak bertanggungjawab memberikan penggantinya.
Hati2 dgn yayasan ini !Saya punya pengalaman jelek dg Yayasan Karisma Melati (Cp Vira).
Yayasan ini bekerjasama dgn susternya agar bekerja hanya 3 bulan. Karena selama 3 bulan az suster menyetor 40% kpd yayasan. Yayasan membuat skenario seolah2 yayasan juga dibohongin oleh susternya.
Setelah susternya disuruh lari, yayasan tidak bertanggungjawab memberikan penggantinya.
Hati2 dgn yayasan ini !

Relation:

Topic Relation

Steam Coal | Industri Dan Niaga