Konsultasi pasang iklan
Mau pasang Iklan
Kami menyediakan baby sitter
Tranpil , siap kerja untuk Bayi , Balita dan perawat
Hub. Yayasan Citra Sari Mandiri
Ibu Sari : 021.9826.3275 - 7115.9567
Daerah Meruya - Bisa antar
SEMPURNAKAN DIRI ANDA DENGAN . . . .
Parfum , segar harum tahan lama, original
30 mili Rp. 35.000 / 40.000
50 mili Rp. 50.000
100 mili Rp. 75.000
hub 24 jam : telp 0817.9108.005
Jual Parfum Biang, bisa untuk usaha juga
Dicari Supervisor - Karyawan TOKO pria - wanita
Tang City dan Taman Palem dan Poris
Telp . 021.9140.9440

LOWONGAN KASIR - WAITER - TUKANG MASAK
WANITA
0817.9108.005
..<< = Info Kesehatan = >>..

Wednesday, 27 August 2008

Tali pusat bayi

Tali pusat bayi memang terlihat lembek dan mudah putus, jadi tidaklah heran jika ibu baru pasti menyerahkan soal perawatan tali pusat ini pada orang lain yang dianggap lebih mengerti. Sebaiknya jangan takut ya bu, asalkan dirawat dengan baik dan selalu dijaga kebersihannya maka tali pusat akan lepas sendiri tanpa menimbulkan masalah kesehatan.

Sebelum jauh mengulik cara merawat tali pusat, yuk sebaiknya kenali dulu apa sebenarnya tali pusat itu.

Apakah tali pusat itu?

Tali pusat dalam istilah medisnya disebut dengan umbilical cord. Merupakan saluran kehidupan bagi janin selama ia di dalam kandungan. Sebab semasa dalam rahim, tali inilah yang menyalurkan oksigen dan makanan dari plasenta ke janin yang berada di dalamnya. Begitu janin dilahirkan, ia tidak lagi membutuhkan oksigen dari ibunya, karena bayi mungil ini sudah dapat bernapas sendiri melalui hidungnya. Karena sudah tak diperlukan lagi maka saluran ini harus dipotong dan dijepit atau diikat.

Nah, sisa potongan tali pusat yang menempel di perut bayi ini biasanya disebut umbilical stump. Biasanya bagian ini akan mengering kemudian menyusut dan akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu yang berbeda-beda di setiap bayi. Ada yang seminggu lepas, ada pulan setelah empat minggu baru terlepas.

Membersihkan tali pusat. Air biasa atau alkohol?

Ternyata, menurut penelitian serta rekomendasi WHO, dibandingkan dengan menggunakan alkohol, ternyata membersihkan tali pusat dengan menggunakan air dan sabun cenderung mempercepat puputnya (terlepasnya) tali pusat. Namun biasanya, jika tanpa menggunakan alkohol ada kemungkinan tali pusat mengeluarkan bau tak sedap. Kondisi inilah yang biasanyamembuat ibu cemas. Agar tak bingung, sebelum memutuskan sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter.

Cara membersihkan tali pusat
Saat memandikan bayinya, kebanyakan ibu takut dan was-was jika tali pusat bayinya akan basah dan lama keringnya. Padahal. tak masalah jika tali pusat terkena air. Berikut cara merawat tali pusat si kecil:

  1. Pastikan kondisi tangan ibu benar-benar bersih. Untuk memastikan cucu sebelumnya tangan dengan menggunakan sabun.
  2. Gunakan kapas bulat atau kapas bertangkai yang telah dibubuhi alkohol 70%, lalu bersihkan sisa tali pusar, terutama bagian pa ngkalnya yang menempel pada perut.
  3. Saat melakukannya ibu harus benar-benar berhati-hati, apalgi jika kondisi tali pusat bayi masih berwarna merah.
  4. Usahakan agar seluruh permukaan hingga ke pangkalnya tertutup perban. Kemudian lilitkan perban/kasa sedemikian rupa agar bungkusan tidak terlepas. Pastikan tidak terlalu ketat, agar bayi tidak kesakitan.

Sumber: conectique.com

0 comments:

Relation:

Topic Relation

Steam Coal | Industri Dan Niaga