Anak Menelan Benda Asing


Bila Si Kecil Menelan Benda Asing

KOMPAS.com - Memang paling panik ketika kita mendapati si kecil menelan benda asing. Selain tertelan lewat mulut, benda asing -seperti serangga, manik-manik, kotoran, atau uang logam- dapat masuk ke telinga, hidung, atau mata. Untuk mencegah, sebaiknya hindari mainan yang terdiri atas bagian-bagian kecil.

Tindakan yang dilakukan
Telinga:
* Jika kemasukan serangga, miringkan kepala anak dan teteskan satu tetes air hangat ke dalam telinga. Kemudian miringkan kembali kepala ke arah sebaliknya agar serangga dapat keluar.

* Kalau yang masuk adalah benda lain, jangan utak-atik telinga. Segera cari bantuan medis (demikian pula jika serangga tak mau keluar).

Mata:
* Jangan mengucek-ucek mata.

* Buka kelopak mata dengan jari dan hilangkan benda asing (jika kelihatan) dengan menggunakan sudut kain yang bersih dan lembap.

* Kalau benda asing tidak kelihatan, minta anak melihat ke bawah. Perlahan-lahan angkat bulu mata kelopak atas, kemudian dorong turun-naik.

* Jika cara di atas tidak bisa mengeluarkan benda asing, angkat kelopak mata dan bilas mata dengan air bersih secara perlahan-lahan.

Hidung:
* Tutup lubang hidung yang tidak tersumbat dengan jari Anda. Buka mulut anak dan tiup. Benda tersebut akan keluar melalui lubang hidung yang tersumbat.

* Jika benda itu tidak keluar juga, bawa anak ke dokter.
Editor: din
Sumber : Majalah Sekar

Post a Comment

0 Comments