Trik Ampuh Mengatur Pola Makan

HALO Dr Deby yang cantik, perkenalkan saya Diana (23). Saat ini saya memiliki bobot tubuh 57 kg dan tinggi badan 173 cm. Tubuh saya memang kelihatan tidak terlalu gemuk, namun bobot tubuh saya sering naik turun. Saya ingin tahu bagaimana mengatur pola makan dengan cara benar.

Selama ini saya juga rutin mengikuti senam aerobic, jadi makan banyak pun berat badan saya masih bisa terkontrol. Tetapi setelah saya bekerja, saya nyaris tidak mempunyai waktu lagi untuk berolahraga. Saya berharap Dr Deby mau memberikan tips mengatur pola makan dengan benar dan tepat untuk saya. Terima kasih.

Diana Chaumas [diana.chaumas@yahoo.com]

Jawaban:

Dear Diana yang cakep. Saya memahami kesibukan yang sangat padat sering membuat orang sulit mengatur waktu untuk berolahraga. Padahal, olahraga sangat baik untuk membuat wanita terlihat awet muda, sehat, cantik, dan langsing lebih lama.

Diana sebaiknya berolahraga setiap hari selama 45 menit saja. Olahraga yang dilakukan pun enggak harus yang berat-berat, tetapi olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah, seperti sit up. Kalau Diana berada di tempat kerja, tak ada salahnya tetap berolahraga dengan mengangkat alat angkat dari besi berukuran kecil.

Sementara untuk melakukan diet yang sehat, Diana perlu memilih makanan yang sehat dan porsinya pun harus seimbang. Jika selama ini makan nasi 10 sendok, maka kebiasaan itu bisa diubah menjadi lima sendok saja. Kalaupun masih lapar, Diana enggak masalah mengonsumsi buah-buahan yang manis.

Diana bisa mengatur menu makanan setiap hari, semisal untuk sarapan pagi dengan mengonsumsi selembar roti gandum dan sepiring buah papaya, plus segelas susu rendah lemak. Makanan selingan yang bisa dicoba, sebelum makan siang yakni sepiring kecil buah-buah segar.

Nah, untuk menu makan siang yang bisa Diana dicoba, yakni nasi merah lima sendok, semangkuk sayuran berkuah (sayur oyong, sayur asem, dan lain-lain), dada ayam atau tim ikan berukuran sedang. Dan makanan selingan yang bisa dicoba sebelum makan malam, seperti jus kombinasi jeruk dan apel, atau jus kombinasi stroberi dan jeruk tanpa gula.

Sementara untuk menu makan malam, Diana bisa mengonsumsi nasi merah lima sendok, tempe atau tahu kukus, dua tusuk sate daging tanpa minyak, sayuran lalap kacang panjang, dan mentimun pakai sambal tomat terasi, plus buah sepiring kecil.

Diana boleh saja melakukan variasi menu agar tidak merasa bosan dengan menu-menu yang dikonsumsi selama ini. Intinya, menu makanan yang wajib dikonsumsi harus mencakup karbohidrat kompleks, protein, sayuran dan buah-buahan yang diperbanyak menjadi 19 porsi per minggu.

Jika Diana masih kurang puas ingin membentuk siluet tubuh agar terlihat seksi, maka Diana boleh melakukan treatment dengan bantuan dokter, seperti mesolipolysis atau mesotherapy pelangsingan. Dan dokter yang dituju pun sebaiknya yang telah bersertifikat mesotherapy. Semoga saran ini bermanfaat.

Salam manis

Dr Deby Susanti Vinski
Co Founder & PR Indonesian Anti-Aging Society

Lainnya :

Source : okezone.com

Post a Comment

0 Comments