Mengatasi Susah Makan pada Anak

Apakah anak-anak anda mengalami susah atau tidak nafsu makan? Hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk diatasi namun sebagai ibu pintar maka hal tersebut haruslah disiasati. Faktor susah makan terjadi sekitar 25% pada usia anak dan jumlahnya akan meningkat sekitar 40-70% pada anak yang lahir prematur atau anak dengan penyakit kronik. Beberapa hal yang dapat menyebabkan susah makan pada anak seperti faktor organik meliputi gangguan pada rongga mulut (bibir, gusi, lidah, gigi), usus dan organ-organ pencernaan lainnya, faktor nutrisi meliputi pengetahuan ibu tentang jenis dan jumlah makanan yang sesuai dengan usia anak, dan faktor psikologis seperti kebiasaan memaksakan jenis makanan yang tidak disukai anak dapat membuat anak menjadi anti makan.

Apa akibat dari susah makan pada anak? Akibatnya adalah kurangnya asupan zat gizi pada tubuh anak yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan fisik (berat dan tinggi badan) dan juga gangguan pada perkembangan otaknya. Perlu diketahui, sel otak terbentuk sejak trimester pertama kehamilan, dan berkembang pesat sejak dalam rahim ibu. Perkembangan ini akan berlanjut saat setelah lahir hingga usia 2 – 3 tahun. Kekurangan gizi pada usia anak sejak lahir hingga 3 tahun akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel glia dan proses mielinisasi ( proses pembentukan selubung saraf otak ). Sehingga kekurangan gizi saat usia kehamilan dan usia anak sangat berpengaruh terhadap kualitas otaknya.

Gizi kurang pada usia di bawah 2 tahun akan menyebabkan sel otak berkurang 15-20%, sehingga anak yang demikian kelak kemudian hari akan menjadi manusia dengan kualitas otak sekitar 80-85%. Anak yang demikian tentunya bila harus bersaing dengan anak lain yang berkualitas otak 100% akan menemui banyak hambatan. Disinilah peran orangtua sangat penting, dimana pada usia - usia inilah anak sering mengalami sulit makan, sementara gizi yang diperlukan sedang banyak - banyaknya.

Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi susah makan pada anak :

Berikanlah makanan anak sesuai dengan usia dan perkembangannya.
Variasikan menu, perubahan rasa, keragaman dan penyajian yang menarik diperlukan agar anak tidak cepat bosan.
Lebih baik memberi makanan yang padat gizi dan berenergi tinggi dalam porsi kecil dari pada cemilan yang akan mengganggu timbulnya rasa lapar, sehingga kecukupan energi dan nutrisi anak terpenuhi.
Biasakan makan teratur dan beri makanan pada anak sewaktu merasa lapar.
Ciptakan suasana yang menyenangkan dan buatlah acara makan menjadi saat yang menggembirakan buat anak.
Berikan suplemen vitamin dan mineral untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak anda.

Source : sakafarma.com

Topic lainnya :
Susu alami untuk bayi
Cegah strokesejak balita
Asi dan iq bayi
Bermain rangsang otak anak

Post a Comment

0 Comments