Konsultasi pasang iklan
Mau pasang Iklan
Kami menyediakan baby sitter
Tranpil , siap kerja untuk Bayi , Balita dan perawat
Hub. Yayasan Citra Sari Mandiri
Ibu Sari : 021.9826.3275 - 7115.9567
Daerah Meruya - Bisa antar
SEMPURNAKAN DIRI ANDA DENGAN . . . .
Parfum , segar harum tahan lama, original
30 mili Rp. 35.000 / 40.000
50 mili Rp. 50.000
100 mili Rp. 75.000
hub 24 jam : telp 0817.9108.005
Jual Parfum Biang, bisa untuk usaha juga
Dicari Supervisor - Karyawan TOKO pria - wanita
Tang City dan Taman Palem dan Poris
Telp . 021.9140.9440

LOWONGAN KASIR - WAITER - TUKANG MASAK
WANITA
0817.9108.005
..<< = Info Kesehatan = >>..

Tuesday, 21 April 2009

Maksud MBTI

Masih ingat dengan Personality Test yang telah diambil oleh banyak blogger pada tahun lalu? Saat itu hasil tes saya menyatakan kalau saya adalah orang bertipe INTJ (Introvert, iNtuitive, Thinking dan Judging). Hari ini kembali saya disegarkan dengan penjelasan mengenai tes tersebut dari Smart FM. Anthony Dio Martin menjelaskannya dengan baik.


Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan sebuah kuesioner yang didesain untuk mengukur preferensi psikologis tentang bagaimana seseorang memahami dunia dan membuat keputusan. Kuesioner ini didesain oleh dua orang yang kebetulan Ibu dan Anak saat Perang Dunia II berkecamuk. Tes ini mulanya dibuat untuk menolong kaum perempuan dalam memasuki dunia kerja.. Tes ini bermaksud melihat preferensi seseorang, jadi bukan bersifat mutlak.

Sebagai contoh, kita dapat menulis dengan kedua tangan kita, tapi kita tidak mungkin menggunakan keduanya sekaligus untuk menulis. Cukuplah kita menggunakan salah satunya untuk menulis. Tes ini sangat berguna bagi para atasan untuk memberdayakan potensi bawahannya. Bagi bawahan, tes ini juga bisa dipakai untuk memahami dirinya sendiri sehingga bisa mengembangkan diri lebih lanjut. Selain itu, tak ada salahnya bawahan dapat lebih memahami atasannya sehingga pola komunikasinya dapat berjalan lebih tepat.

Extrovert vs Introvert

Ekstrovert adalah orang yang berorientasi ke luar dirinya. Dia lebih senang berinteraksi dengan banyak orang, senang bergaul, senang berorganisasi. Sebaliknya, Introvert adalah orang yang berorientasi ke dalam. Dia lebih senang menyendiri, dan bergaul dengan sedikit teman. Dia tidak mempunyai masalah jika harus pergi ke mana-mana sendirian, ataupun makan di restoran sendirian.

Sensing vs Intuitive

Sensing adalah orang yang menggunakan semua indranya untuk memahami lingkungannya. Orang bertipe ini lebih pragmatis, simple dan senang dengan yang detil. Sebaliknya orang Intuitive adalah orang yang cenderung menggunakan lebih dari indra, atau yang lebih familiar kita sebut memiliki indra keenam. Mereka ini lebi visioner dan memiliki daya jangkau pikiran yang jauh dari orang kebanyakan.

Feeling vs Thinking

Feeling adalah orang yang lebih sering menggunakan perasaannya dalam mengambil keputusan. Mereka ini cenderung subyektif. Adapun Thinking lebih sering menggunakan rasio atau otaknya dalam mengambil keputusan sehingga cenderung lebih obyektif.

Perceiving vs Judging

Perceiving di sini berarti lebih fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Mereka sangat menyukai surprise. Di saat ada perubahan, biasanya tipe ini dapat beradaptasi dengan lebih cepat. Sebaliknya, Judging adalah orang yang selalu tertib dan selalu mempunyai rencana yang terstruktur. Jeleknya, orang seperti ini tidak suka dadakan atau surprise.

Penutup

Dari empat dimensi di atas, ada 16 kombinasi karakter. Yang uniknya, pada website mypersonality.com ada organisasi khusus untuk setiap karakter di atas.
source -eli- : heryazwan.wordpress

0 comments:

Relation:

Topic Relation

Steam Coal | Industri Dan Niaga