Poin Penting Mempersiapkan Pernikahan

5 Poin Penting yang harus di perhatikan dalam mempersiapkan Pernikahan, Dalam suatu rencana pernikahan, akan banyak sekali poin -poin yang harus di perhatikan secara khusus. Dalam artikel ini saya konsen kepada 5 poin yang sangat mendasar untuk merencana pernikahan. Jika dirunut dari yang paling dasar, maka dapat ditarik garis besar sebagai berikut.

Tempat

Tempat, merupakan hal yang terpenting dalam acara pernikahan, baik tempat untuk acara peresmian menjadi suami-istri di rumah ibadah atau bahkan dirumah, maupun tempat untuk menggelar resepsi pernikahan. Tidak tergolong sulit menemukan tempat pernikahan, tetapi karena banyaknya pilihanlah yang membuat pasangan pengantin menjadi lebih bingung apalagi banyak masaukan dari berbagai sumber. Saat ini banyak tempat yang dapat digunakan, mulai dari rumah tinggal pribadi, gedung, mall hotel sekalipun ataupun yang sekarang ini yang sedang ngtren ialah pesta ala kebon. Pertanyaan yang membimbing anda dapat menentukan tempat yang tepat untuk menggelar resepsi pernikahan :

* Berapakah banyak undangan yang akan di undang
* Berapakah dana yang sudah di anggarkan untuk pernikahan
* Dimanakah letak yang strategis untuk melangsungkan resepsi
Dari pertanyaan yang singkat ini, dapat menjadi acuan untuk menentukan tempat resepsi pernikahan.

Katering / Menu makanan

Katering, wah… ini yang bisa dikatakan salah bagian yang sangat penting. Kenapa sangat penting, dimana pemilihan makanan yang nantinya akan di nikmati oleh tamu yang datang.Jika rasa makanan dirasa kurang enak, biasanya dari berbagai pengalaman justru hal ini yang menjadi topik pembicaraan., nah kalau makanannya enak, justru menjadi topik seru dalam pembicaraan antar kerabat yang datang ke pesta resepsi itu.
Jadi, usahakanlah mencari katering dengan rasa yang enak, walaupun harga makanannya tidak terlalu mahal.
Biaya Adat

Biaya adat, kenapa hal ini diangkat dalam artikel ini, jawabannya singkat. Karena kita hidup diindonesia yang mempunyai keanekaragaman suku dan adat. Jika demikian, hal ini tidak bisa di kesampingkan. Dalam adat sumatra misalnya sumatra utara atau adat batak ada istilah yang namanya “sinamot”. Dalam adat batak sinamot adalah “harga beli” untuk perempuan yang akan dinikahi, biasanya “harga” ini adalah harga kesepakatan 2 keluarga tanpa ada campur tangan pihak lain. Itu untuk suku batak, namun banyak sekali suku yang mempunyai kesamaan makna dengan suku batak namun berbeda istilah.
Jadi adakah istilah seperti itu di daerah anda atau suku anda?

Pakaian

Sebenarnya pakaian merupakan pilihan yang sulit disaat seperti ini. Kenapa demikian? Begini, saat ini semua harga mulai naik yang tak terduga dan hal ini berimbas kepada harga bahan dan jasa pembuatan pakaian. Pakaian yang nantinya akan di gunakan juga tergolong banyak antara lain:
- Pakaian untuk pasangan pengantin
- Pakaian untuk keluarga pengantin
- Pakaian untuk “pagar ayu” & “pagar bagus”

Untuk menyiasati hal ini ada berbagai alternatif :

- Menyewa pakaian dari toko yang khusus menyewakan pakaian penganten
- Meminjam pakaian pengantin dari teman. (Tentunya pakaiannya masih layak untuk di pakai Raja & Ratu semalam ..  ) - Menjahit sendiri pakaian yang nantinya akan di gunakan
- Mencari sponsor untuk menyediakan pakaian (wah.. ini tergolong sulit kalau bukan artis)

Undangan

Undangan juga tidak kalah pentingnya biasanya dalam perdebatan siapa yang harus di undang.
Memang teman, sanak saudara bahkan relasi turut dalam perjalanan hidup kita, namun dikala kita menikah dan menyatukan kedua keluarga maka akan sangat banyak sekali kerabat yang harus di undang. Jika memang sumua orang layak di undang, maka pertanyaanya ialah “Sanggupkan anda menservice semua orang yang di undang tersebut?
Service disini banyak pengertiannya, tetapi yang paling berhubungan dengan pernikahan ialah gedung yang luas, makanan dan undangan.

Hal tersebut sepatutnya perlu di pertimbangkan, karena ini sangat berhubungan dengan yang namanya BIAYA. Sebenarnya sangat serba salah jika kita tidak tegas dalam hal ini, karena kita menikah memang selayaknya kebahagiaan ini di nikmati oleh orang-orang yang kita kenal. Menurut saya ada beberapa poin yang dapat menjawab masalah ini, antara lain:
• Utamakan mengundang keluarga
• Undanglah kerabat atau teman yang benar-benang mengenal anda
• Batasi mengundang rekan bisnis
• Batasi mengundang teman yang lama tidak berjumpa

Source : paketpernikahan.wordpress.com

Tips mempersiapkan pernikahan
Poin penting mempersiapkan pernikahan
Paket pernikahan
Tips menyiasati anggarannya pernikahan
Bagaimana cara mempersiapkan pernikahan
Daftar perlengkapan bayi
Gaun wedding traditional
Gaun pengantin
Princess wedding dress
Makanan terbaik saat hamil
Cara menghitung kehamilan

Post a Comment

0 Comments