Konsultasi pasang iklan
Mau pasang Iklan
Kami menyediakan baby sitter
Tranpil , siap kerja untuk Bayi , Balita dan perawat
Hub. Yayasan Citra Sari Mandiri
Ibu Sari : 021.9826.3275 - 7115.9567
Daerah Meruya - Bisa antar
SEMPURNAKAN DIRI ANDA DENGAN . . . .
Parfum , segar harum tahan lama, original
30 mili Rp. 35.000 / 40.000
50 mili Rp. 50.000
100 mili Rp. 75.000
hub 24 jam : telp 0817.9108.005
Jual Parfum Biang, bisa untuk usaha juga
Dicari Supervisor - Karyawan TOKO pria - wanita
Tang City dan Taman Palem dan Poris
Telp . 021.9140.9440

LOWONGAN KASIR - WAITER - TUKANG MASAK
WANITA
0817.9108.005
..<< = Info Kesehatan = >>..

Friday, 1 January 2010

Salmon Bantu Cerdaskan Otak

ikan salmon
KOMPAS.com - Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, DHA dan juga EPA. Ketiganya sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan fungsi otak. EPA (Eicosapentaenoic acid) diyakini memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit jantung, sedangkan DHA (docosahezaenoic acid) diperlukan untuk perkembangan otak dan syaraf.

Studi penelitian akhir - akhir ini menyatakan bahwa pada individu yang mengkonsumsi asam lemak ini pada diet mereka mempunyai pikiran yang jauh lebih tajam. Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cancer menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang yang mengandung DHA dan EPA membantu melindungi terhadap terjadinya kanker payudara.


Selain salmon, dari data-data yang telah dikeluarkan oleh Lembaga Gizi Departeman Kesehatan RI, beberapa jenis ikan laut Indonesia memiliki kandungan/kadar asam lemak omega-3 tinggi (ada yang sampai 10,9 g/100 g) seperti ikan lemuru, sidat, terubuk, tenggiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng, dan tuna.

Namun, perlu diingat, asam lemak ini mudah menguap bila ikan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Cara terbaik yang dianjurkan adalah dengan ditim, karena asam lemaknya tidak hilang. Beberapa tips untuk variasi menu makanan Anda dengan salmon :

1. Sandwich
Buatlah sandwich isi salmon, dibadingkan dengan tuna, campurkanlah dengan mayonaise, mustard, tomat, wortel potong kecil, selada air dan seledri. Tambahkan yogurt strawberi sebagai pasangan makanan Anda. Jika mau, Anda dapat mengganti roti tawar putih dengan roti gandum.

2. Sup ikan
Masukkan potongan ikan salmon yang sudah direbus ke dalam sup krim brokoli yang Anda buat, tambahkan sedikit potongan brokoli untuk nutrisi ekstra sehingga didapatkan cita rasa yang pas. Selain mudah, makanan ini tidak banyak mengandung lemak dan kalori. Jika mau, Anda dapat memvariasikan makanan ini dengan membuat sup biasa dan dengan campuran sedikit tomat hijau yang sedikit terasa asam manis.

3. Burger salmon
Cincang salmon secukupnya, kombinasikan dengan bayam, bawang bombay, bawang putih yang dicincang halus. Aduk jadi satu dan bentuk bola - bola daging berukuran sedang. Panaskan wajan, masukkan minyak sedikit, masukan bola daging dan gepengkan dengan spatula. Sajikan dengan nasi dari beras merah.

dr. Intan Airlina Febiliawanti
Editor: Anna

garam dapur
Jangan mengonsumsi garam secara berlebihan.
Kurangi Garam Agar Panjang Umur
KOMPAS.com - Garam adalah salah satu unsur yang dibutuhkan dalam setiap masakan karena fungsinya sebagai pemberi rasa. Tapi kita juga mengetahui terlalu banyak mengonsumsi pemberi rasa ini akan berbahaya bagi pembuluh darah kita. Sebenarnya, seberapa kuat tubuh kita bisa "menampung" garam?

Epidemolog Nancy R. Cook dan timnya melakukan penelitian Trials of Hypertension Prevention (TOHP) yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah akhir 1980-an dan tahap kedua pada awal 1990-an. Penelitian tahap pertama, fokus pada empat hal yaitu stres manajemen, pola makan sehat, dan pengurangan garam.

Sedangkan di tahap kedua menitikberatkan pada penurunan berat badan dan pengurangan garam. Mereka melibatkan 3 ribu responden yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Para responden dipastikan tidak punya masalah dengan pembuluh darah dan tekanan darah mereka.

Responden lalu dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diajarkan untuk memilih makanan yang rendah sodium sedangkan kelompok kedua hanya diajarkan bagaimana memilih makanan sehat secara umum. Kedua kelompok selama penelitian diamati konsumsi garamnya.

Pada penelitian tahap I yang berlangsung selama 18 bulan, respoden di kelompok pertama dalam seharinya hanya mengonsumsi sodium seribu miligram atau setara dengan 1 ½ sendok teh garam. Dan takaran ini menyelamatkan mereka dari gangguan pembuluh darah termasuk tekanan darah tinggi.

Di penelitian tahap II yang dilakukan selama 36 bulan, responden yang diberi arahan bagaimana memilih makanan yang kadar sodiumnya rendah, berhasil mengurangi konsumsi sodiumnya menjadi 750 miligram yang setara dengan sepertiga sendok teh yang berujung pada kualitas saluran pembuluh darah yang prima.

Sedangkan pada kelompok yang hanya diberi tahu bagaimana memilih makanan sehat secara umum, tidak signifikan memengaruhi kadar sodium dalam tubuhnya. Bahkan 9 persen dari mereka tetap mengalami serangan jantung atau stroke, sedangkan kelompok yang memilih makanan untuk mengontrol kadar sodium hanya mengalami masalah tersebut sebanyak 7,5 persen.

Dalam tubuh, sodium diperlukan untuk mengantarkan rangsangan pada sistem saraf kita dan menjaga agar mineral tetap tercukupi dalam tubuh. Tapi tubuh kita tidak suka segala sesuatu yang berlebihan, termasuk sodium. Ketika kelebihan akan kesulitan bagi ginjal untuk mengeluarkannya yang kemudian membuat cairan antar sel menjadi lebih banyak. Inilah yang kemudian membuat volume dalam sirkulasi darah meningkat yang kemudian menaikkan tekanan dalam darah atau jamak kita sebut hipertensi.

Takaran yang direkomendasikan ½ - 1 sendok teh dalam satu hari adalah rasa asin yang boleh kita nikmati. Tapi bagi kita yang memiliki gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi, takaran amannya sekitar ½ sendok teh. (PreventionIndonesia/Siagian Priska)

source -eli- : Kompas.com
List penyalur pembantu
Daftar Alamat Baby Sitter
List Yayasan Baby Sitter
Daftar List Yayasan Baby Sitter Jakarta
Cara memilih baby sitter yang baik

0 comments:

Relation:

Topic Relation

Steam Coal | Industri Dan Niaga